TVRI

tvri indonesia

mediaindonesia.web.id – TVRI atau televisi republik Indonesia adalah stasiun televisi pertama di Indonesia yang mengudara sejak 24 Agustus 1962. Dengan siaran pertamanya yang menayangkan Upacara peringatan hari Kemerdekaan Rupublik Indonesia ke 17 dari istana Negara, Jakarta.

Siarannya ini masih berupa hitam putih. TVRI kemudian meliput Asian Games yang diselenggarakan di Jakarta.

Dahulu TVRI pernah menayangkan iklan dalam satu tayangan khusus dengan judul acara Mana Suka Siaran Niaga (sehari dua kali). Sejak April 1981 hingga akhir 90-an TVRI tidak diperbolehkan menayangkan iklan, dan akhirnya TVRI kembali menayangkan iklan. Status TVRI saat ini adalah Lembaga Penyiaran Publik. Sebagian biaya operasional TVRI masih ditanggung oleh negara.

Lihat juga : Tribun Medan

TVRI memonopoli siaran televisi di Indonesia sebelum tahun 1989 ketika didirikan televisi swasta pertama RCTI di Jakarta dan SCTV pada tahun 1990 di Surabaya.

TVRI Nasional mengudara di seluruh wilayah Indonesia dengan sistem siaran analog dan sistem siaran digital. Untuk wilayah diluar Jakarta,TVRI Nasional mengudara secara berjaringan, TVRI Siaran Lokal mengudara mulai jam 14.00 – 18.00 WIB (kadang kala TVRI siaran lokal tidak mengudara karena ada siaran langsung pertandingan,acara kenegaraan RI dan Breaking News)

TVRI mengudara dengan sistem siaran digital dengan 4 channel yaitu TVRI Nasional, Programa 2 TVRI, TVRI Budaya dan TVRI Sport HD.

TVRI siaran digital secara bertahap akan mengudara di seluruh wilayah Indonesia.

Pada tanggal 21 Juli 2018, TVRI mendapatkan hak siar laga pra musim International Champions Cup 2018 bersama iNews.

Related posts