Sinar Indonesia Baru

Sinar Indonesia Baru

Sinar Indonesia Baru – Setelah pembredelan, surat kabar ini terbit dengan nama Suara Pembaruan.Surat kabar Indonesia telah terbit kembali pada tahun 2001 setelah dibredel pada tahun 1986.

Seiring dengan perkembangan waktu, Sinar Harapan terus berkembang menjadi koran nasional terkemuka serta dikenal sebagai “raja koran sore”. Sebagai ilustrasi, pada tahun 1985 Sinar Harapan telah terbit dengan oplah sekitar 250.000 eksemplar. Jumlah karyawan yang semula (tahun 1961) sekitar 28 orang telah membengkak menjadi sekitar 451 orang (tahun 1986).

Pendiri dan Pemimpin Umum Harian Sinar Indonesia Baru Gerard Mulia Panggabean meninggal dunia di RS Elizabeth Singapura, Kamis (20/1) malam sekitar pukul 21.30 WIB.

Baca Juga:

Penanggung jawab Harian Sinar Indonesia Baru (SIB) Victor Siahaan yang dihubungi ANTARA di Medan, Jumat, mengatakan, tokoh pers Sumut itu meninggal dunia setelah menjalani dua kali operasi jantung.

Awalnya, pendiri dan Pemimpin Umum Harian SIB yang sering dipanggil GM Panggabean itu menjalani operasi jantung sekitar pukul 02.30 WIB.

Namun setelah operasi itu berakhir, kondisi GM Panggabean masih belum membaik sehingga operasi jantungnya dilanjutkan.

Setelah operasi kedua tersebut, tim medis RS Elisabeth Singapura membawa GM Panggabean ke ruang ICU untuk diistirahatkan guna pemulihan.

Namun dalam proses pemulihan tersebut, GM Panggabean menghembuskan napas terakhirnya, kata Victor.

Saat ini, kata dia, jenazah GM Panggabean masih disemayamkan di RS Elizabeth Singapura didampingi isterinya R Boru Hutagalung beserta anak dan menantu.

Jenazah GM Panggabean yang juga Penasehat Panitia Pembentukan Provinsi Tapanuli itu akan dibawa ke Medan pada Sabtu (22/1).

Setelah upacara penghormatan terakhir, jenazah GM Panggabean akan dimakamkan pada Selasa (25/1).

Victor Siahaan belum mengetahui tempat pemakaman jenazah GM Panggabean apakah di kampung halamannya di Sibolga atau di Kota Medan.