Rekomendasi Film Berjudul The Hustle

Rekomendasi Film Berjudul The Hustle

Mediaindonesia.web.id – Film berjudul The Hustle sebenarnya merupakan suatu fenomena yang menarik. The Hustle remake dari film Dirty Rotten Scoundrels karya sineas Frank Oz yang dirilis pada 1988. Dirty Rotten Scoundrels sendiri remake film Bedtime Story rilisan 1964 yang dibintangi legenda Hollywood, Marlon Brando.

Meski remake, The Hustle tak sepenuhnya mengadopsi Dirty Rotten Scroundles. Dirty Rotten Scoundles menempatkan aktor Michael Caine dan Steve Martin sebagai pemeran utama. Sementara The Hustle memasang dua aktris di garda depan.

Kisah The Hustle dimulai dengan kopi darat Penny Rust (Rebel Wilson) dengan Jeremy (Timothy Simons) di sebuah bar. Jeremy hendak bertemu Madison yang dikenalnya lewat aplikasi kencan. Madison ternyata tokoh fiktif yang diciptakan Penny untuk mengelabui Jeremy.

Penny memberi tahu Madison tak bisa bertemu karena tak percaya diri dengan ukuran payudaranya yang kecil, tak seperti foto yang dikirimkannya. Madison bekerja keras menabung untuk pasang implan. Kadung jatuh hati, Jeremy rela mentransfer uang untuk membantu Madison operasi.

Baru mau dikirim uangnya, aksi Penny digagalkan aparat kepolisian. Beruntung, Penny berhasil lolos. Dalam perjalanan menggunakan kereta, Penny bertemu Josephine (Anne Hathaway). Cewek ini diam-diam mendengar bualan Penny pada calon korbannya di kereta.

Bersama dua asistennya, Brigitte (Ingrid Oliver) dan Albert (Nicholas Woodeson), Josephine mengajari Penny menipu dengan elegan. Ironisnya di tengah jalan, Penny dan Josephine malah berlomba menipu miliarder muda, Thomas (Alex Sharp) penemu aplikasi YoBurnt.

Baca Juga : Fakta Menarik Film The Lion King

Lucu

Kesan pertama menonton film ini, lucu. Kelucuan muncul berkat performa Anne dan Rebel yang sukses menampilkan dua penipu beda kasta.

Anne mewakili perempuan berkelas, berfisik ideal, kaya raya, dan serbabisa. Ia bertemu Penny yang berbeda 180 derajat. Sepintas interaksi keduanya mengingatkan kita pada polah Sandra Bullock dan Mellisa McCharthy di film The Heat (Paul Feig, 2013). Bedanya, ini dunia penjahat. The Hustle murni sebagai komedi kriminal.

Sayangnya, The Hustle terjebak pada gaya melawak karikatural dan komedi slapstick. Adegan terpeleset atau jatuh di lantai masih saja muncul.

Begitu pula adegan latihan melompat malah melipir, membuka tutup botol sampai berguling di lantai, atau melempar pisau dan ya, Anda tahu apa yang terjadi selanjutnya. Anda yang terbiasa menonton komedi tak akan tertawa di adegan ini. Yang lucu, persaingan keduanya dengan saling mencuri metode penipuan yang kemudian menjadi adu gila.

Kurang Greget

Baik Anne maupun Rebel tampak luwes dalam menghidupkan karakter. Hanya, di beberapa momen keduanya tampak berjarak. Khususnya di adegan Penny pura-pura pingsan lalu ditendang atau adegan di meja judi.

Persaingan dan kebencian yang tepercik di antara keduanya kurang greget. Faktor reading atau memang chemistry yang belum erat? Bisa jadi. Gangguan lain datang dari beberapa adegan yang terkesan ujug-ujug terjadi. Kedatangan Penny di rumah mewah Josephine, misalnya.

Beberapa proses yang tampak instan membuat sejumlah adegan seperti baju yang dijahit tergesa-gesa. Problem-problem inilah yang mungkin membuat The Hustle dihujani reaksi negatif oleh kritikus film. Fluktuasi cerita kurang nikmat padahal lawakannya tergolong memikat. Pisau kritik paling tajam bisa jadi menyasar ke Anne Hathaway. Reputasinya sebagai aktris peraih Oscar yang jeli memilih peran dipertanyakan. Sebelumnya, ia tampil di film Serenity yang kualitasnya juga mengecewakan.

Masih Layak Tonton

Selain Anne, sineas Chris Addison juga menyangga beban berat. Sebagai informasi, versi klasik The Hustle, Dirty Rotten Scoundles, justru kebanjiran respons positif. Bahkan, performa Michael Caine diganjar nominasi Pemeran Utama Pria Layar Lebar Musikal atau Komedi Terbaik di ajang Golden Globe 1989.

Terlepas dari sejumlah catatan negatifnya, The Hustle tetap layak tonton. Selera humor receh dan alur yang mudah diikuti adalah solusi mustajab bagi Anda yang sedang suntuk.

Related posts