Jenis Iklan Media Cetak

Jenis Iklan Media Cetak – Media cetak merupakan salah satu sarana dalam membuat suatu promosi produk atau jasa yang ada di sebuah perusahaan. Berikut ini adalah jenis-jenis iklan media cetak yang harus kamu ketahui

Jenis Iklan Media Cetak

Jenis Iklan Media Cetak
Apa saja jenis-jenis iklan media cetak? Simak penjelasannya di bawah ini:

1. Iklan Kolom Surat Kabar
Iklan kolom surat kabar merupakan jenis iklan media cetak yang berada di bagian tertentu dalam koran. Ukuran iklan ini biasanya lebih besar dari iklan baris.

2. Iklan Baris
Dikutip dari buku Analisis Wacana: Teori, Konsep dan Aplikasi oleh Setiawan & Rusmawati (2019), iklan baris merupakan suatu promosi yang memiliki tempat sangat terbatas dalam koran. Umumnya, iklan jenis ini hanya memiliki ruang sebanyak satu kolom.

Iklan baris disajikan dalam bentuk teks dengan aneka singkatan yang mungkin cukup rumit jika dibaca orang awam. Iklan ini cocok untuk menawarkan produk-produk properti seperti rumah, mobil, apartemen dan lain-lain.

3. Iklan Brosur
Brosur merupakan bentuk promosi cetak yang terdiri dari beberapa halaman. Fungsinya yaitu untuk menampilkan informasi secara lengkap dan terperinci tentang produk atau jasa.
Umumnya, Iklan brosur dicetak dengan ukuran A3 hingga A6. Selain itu, Anda juga bisa melakukan custom sesuai dengan kebutuhan Anda. Agar iklan ini dapat menjangkau banyak orang, biasanya pengiklan mengunjungi tempat-tempat potensial dan membagikannya kepada khalayak umum. Selain itu, pengiklan juga memasang brosur di beberapa tempat yang ramai.

4. Iklan Spanduk
Iklan spanduk merupakan jenis iklan yang ukurannya memanjang dan horizontal. Umumnya, spanduk dipasang di sepanjang jalan dengan maksud agar dilihat oleh banyak orang.
Cara memasang spanduk biasanya dengan dikaitkan pada dua buah tiang atau pohon. Beberapa orang juga memasang spanduk depan toko.

Baca Juga :Kenali Jenis-Jenis Media Cetak yang Paling Efektif

5. Iklan Media Flyer
Flyer merupakan jenis iklan media cetak yang sama dengan brosur. Perbedaannya yaitu brosur terdiri dari beberapa halaman, sedangkan flyer hanya terdiri dari satu halaman. Cara beriklan di flyer tidak jauh berbeda dengan cara beriklan di brosur.

6. Pengumuman Publik

Pengumuman publik ini menyertakan berbagai laporan atau pengumuman pemerintah dan keuangan.
Isi dari pengumungan publik ini secara umum terkait dengan perubahan dalam bisnis dan hubungan pribadi.