Film Terbaik Berdasarkan Kisah Nyata

Film Terbaik Berdasarkan Kisah Nyata

Mediaindonesia.web.id – Beberapa penggemar film mengatakan mereka terkejut dengan penampilan visual dan cerita yang disajikan oleh sebuah film. Kisah yang dituangkan dan ditransformasikan menjadi film layar lebar, biasanya berasal dari imajinasi sutradara, sehingga peristiwa yang ditampilkan dalam film itu hanyalah fiksi belaka.

Namun tak sedikit pula sutradara yang mengangkat kisah nyata untuk dijadikan film. Entah itu bentuk dokumenter atau film-film lain. Dan tahukah Anda bahwa film yang diproduksi berdasarkan kisah nyata tidak hanya mempengaruhi penonton, tapi juga para bintang yang berlaga di dalamnya? Aktor utama The Pursuit of Happyness, Will Smith, bahkan mengaku sangat “tersihir” oleh kepribadian dan gaya hidup tokoh yang diperankannya, Chris Gardner. Bahkan saat syuting film itu berakhir, setiap kali putranya (Jaden Smith, yang juga berperan sebagai anak Gardner dalam film tersebut) meminta untuk dibelikan sebotol jus, Smith akan menjawab, “Kita tidak mampu membelinya, Nak.” Selain The Pursuit of Happyness, film berikut ternyata juga terinspirasi dari kejadian sesungguhnya, namun belum diketahui banyak orang. Apa saja film yang dimaksud?

Berikut di antaranya, seperti dilansir dari Mediaindonesia.web.id.

The Imitation Game
Dikenal karena perannya sebagai Sherlock Holmes, Benedict Cumberbatch kini ditantang untuk memainkan peran utama dalam film The Imitation Game. Jalan cerita film ini diambil dari kisah nyata kehidupan ilmuwan komputer Alan Turing. Dalam film tersebut, Alan harus memecahkan kode sandi yang digunakan Nazi untuk mengamankan pesan radio yang digunakan mereka selama Perang Dunia II –namanya Enigma. Turing digambarkan sebagai sosok yang egois dalam film ini, bahkan tidak membutuhkan bantuan orang-orang di sekitarnya dan menganggap rekan-rekannya lebih rendah darinya. Film itu juga mengulas cara Alan ketika harus mengatasi masalah matematika dan sosial, saat memecahkan kode.

Dunkirk
Film yang ditayangkan perdana pada 2017 ini diterima dengan baik oleh pemirsa di seluruh dunia, meski sedikit menuai kontra. Ceritanya mengkisahkan tentang operasi pengevakuasian prajurit yang terlibat dalam Pertempuran Dunkirk pada Perang Dunia II. Misi tersebut dilakukan dengan 3 cara, yakni dari darat, laut dan udara. Setelah film tersebut ditayangkan, kritikus film menyayangkan tidak ada satu pun pemain atau aktor yang berasal dari ras kulit hitam, dan ini menyalahi aturan sejarah. Sebab pada masa itu, pasukan kulit hitam juga terlibat dalam peperangan tersebut.

Deepwater Horizon
Kisah tentang bencana lingkungan terbesar abad ini, yang melanda Deepwater Horizon pada 20 April 2010, diangkat ke layar lebar. Film dengan judul yang sama, Deepwater Horizon, menceritakan tragedi ledakan anjungan pengeboran lepas pantai semi-selam itu dan tumpahan minyaknya di Teluk Meksiko. Menurut laporan, kecelakaan itu terjadi karena adanya salah perhitungan dalam konstruksi bangunan yang menyebabkan malfungsi utama dan, akhirnya, bencana. 11 orang pekerja tewas dan 17 lainnya terluka. Setelah dua hari terbakar, Deepwater Horizon akhirnya tenggelam, meninggalkan sumur yang mengalir di dasar laut dan menyebabkan tumpahan minyak terbesar di perairan Amerika Serikat.

Baca juga : Flim Terbaik Iko Uwais

The Perfect Storm
Jalan cerita The Perfect Storm diangkat dari kisah nyata, tentang hilangnya kapal penangkap ikan komersial, Andrea Gail, di tengah laut setelah dihantam badai hebat pada 1991. Kontak terakhir dari kapten kapal, Billy Tyne (yang diperankan oleh George Clooney), yang sempat terekam dari menara suar terdekat adalah, “She’s coming on boys, and she’s comin’ on strong!” Saat itu, badai membuat gelombang laut naik setinggi hingga 100 kaki (hampir 30 meter), dan ombak inilah yang menghempaskan Andrea Gail dan keenam awak kapalnya di tengah laut sekitar Pulau Sable. Tidak ada laporan dan pesan lebih lanjut mengenai suara terakhir sang kapten dan tidak ada kapal lain yang mendengar panggilan SOS dari kapten kapal.

Pada 30 Oktober 1991, Andrea Gail dinyatakan hilang dan karam. Sebuah pencarian besar-besaran segera diadakan oleh 106th Rescue Wing dari New York Air National Guard, States Coast Guard dan Canadian Coast Guard. Luas kawasan pencarian oleh ketiga tim mencakup wilayah seluas 400.000 kmĀ² Pada tanggal 8 November 1991, Andrea Gail emergency position-indicating radio beacon (EPIRB) ditemukan terhanyut dan mendarat di pantai Pulau Sable.

Related posts