Film Romantis Indonesia yang Diangkat dari Novel

Film Romantis Indonesia yang Diangkat dari Novel

Mediaindonesia.web.id – Beberapa film hits yang pernah tayang di bioskop, kadang kala merupakan hasil adaptasi dari sebuah novel karya seorang penulis. Berkat popularitas novel tersebut, biasanya para pegiat di balik industri perfilman tanah air menjadikannya sebagai tolak ukur bahwa karya tersebut layak diangkat menjadi sebuah film layar lebar.

Membangun setting yang sama persis dengan yang tersaji dalam untaian kata pun menjadi tantangan tersendiri bagi sang sutradara dan kru produksi film. Begitupun dengan para aktor-aktris yang terlibat di dalamnya. Berikut deretan film romantis Indonesia adaptasi dari sebuah novel :

1. Summer Breeze
Summer Breeze merupakan film romantis Indonesia yang tayang perdana pada tahun 2008 silam. Summer Breeze ini merupakan adaptasi dari novel remaja karya Orizuka dengan judul yang sama.

Film yang digarap Credo Cine Arts (Credo Pictures) & Starvision Plus ini pun menggandeng Chelsie Oliva, Marcel dan Mischa Chandrawinata sebagai pemeran utama.

Bercerita tentang seorang gadis yang memiliki sahabat kecil yang terlahir kembar. Pada saat tumbuh dewasa, mereka terlibat cinta segitiga yang menyakitkan.

2. Refrain
Winna Efendi merupakan salah satu penulis novel remaja Indonesia terkenal yang telah melahirkan banyak karya. Dari tangannya terlahir belasan judul novel yang beberapa di antaranya diangkat menjadi sebuah film layar lebar, termasuk “Refrain”. Film romantis yang dibintangi Afgan dan Maudy Ayunda ini ditayangkan pertama kali pada Juni 2013 silam.

3. Melbourne Rewind
Melbourne Rewind pun merupakan film yang diadaptasi dari novel karya Winna Efendi dengan judul yang sama. Melbourne Rewind sarat akan makna perjuangan meraih mimpi dan manis pahit dalam menjalin sebuah pertemanan. Film romantis yang dibintangi sederet artis kenamaan Indonesia seperti Morgan Oey, Pamela Bowie, serta Aurelie Moeremans ini layak kamu tonton.

4. Winter In Tokyo
Winter In Tokyo merupakan salah satu dari judul novel tetralogi karya Ilana Tan yang popularitasnya tak lekang ditelan usia. Hingga saat ini, novel tetralogi yang terdiri dari “Winter In Tokyo”, “Summer In Seoul”, “Autumn In Paris” dan “Spring In London” ini pun masih terus dicetak ulang.

Oleh karena popularitas itulah, pada Agustus 2016 novel ini pun diadaptasi menjadi film layar lebar dengan judul yang sama. Film ini dibintangi oleh deretan artis kesayangan Indonesia, lho. Seperti Pamela Bowie, Dion Wiyoko, Morgan Oey, Kimberly Ryder, Brigitta Cynthia serta Brandon Salim.

5. Sunshine Become You
Sama halnya seperti Winter In Tokyo, Sunshine Becomes You pun merupakan film adaptasi dari novel karya Ilana Tan yang menjadi best seller.

Bercerita tentang seorang balerina bernama Mia Clark (Nabilah JKT48) yang mengidap penyakit mematikan. Ia bertemu dengan seorang pianis bernama Alex Hirano (Herjunot Ali) yang mencintainya sepenuh hati.

Film romantis yang bersetting di New York, Amerika Serikat ini tayang perdana pada Desember 2015. Kamu sudah nonton?

Baca Juga : Film Indonesia yang Mengusung Kisah Cinta SMA

6. Remember When
Sama seperti film “Melbourne Rewind” dan “Refrain”, “Remember When” merupakan novel karya Winna Efendi lainnya yang digarap menjadi sebuah film layar lebar di tahun 2014. Film romantis ini bercerita tentang pertemanan beberapa remaja yang tengah mencari jati diri dan arti cinta. Kaum millennials wajib baca novel maupun menonton filmnya, nih.

7. Dilan 1990
Penggemar film Dilan 1990 pasti sudah tahu, kan, kalau film ini merupakan adaptasi dari novel seri yang ditulis oleh Pidi Baiq. Film yang mendulang popularitas berkat alur cerita dan juga bintang muda berbakat, Iqbaal Ramadhan dan Vanesha Prescilla ini diproduksi pada awal 2018 lalu.

8. Perahu Kertas
Film hits yang bercerita tentang beberapa remaja yang berusaha meraih mimpi ini juga merupakan adaptasi dari novel karya Dewi Lestari. Mendapuk bintang muda Indonesia yang berbakat dan sedang naik daun seperti Maudy Ayunda dan Adipati Dolken, film ini pun terbilang sukses di tahun 2012. Tak hanya romantis, film ini menyiratkan banyak pesan moral di dalamnya.

9. Dear Nathan
Semula Dear Nathan merupakan novel yang ditulis secara daring oleh Erisca Febriani pada sebuah komunitas online. Karena popularitasnya, kemudian diterbitkan dalam sebuah novel. Pada 2017 pun novel ini diangkat menjadi film layar lebar dengan judul yang sama, dan menggandeng Jefri Nichol dan Amanda Rawles sebagai pemeran utama.

10. Critical Eleven
Nama Ika Natassa sudah tak asing lagi di dunia kepenulisan Indonesia. Selain novel best seller “Critical Eleven”, Ika telah melahirkan banyak karya yang juga sama populernya. Berkat antusias para penggemarnya di seluruh Indonesia, Critical Eleven pun digarap oleh Starvision Plus dan Legacy Pictures menjadi sebuah film layar lebar dengan judul yang sama pada 2017 lalu.

Related posts