Ciri-Ciri Iklan Baris Media Cetak

Ciri-Ciri Iklan Baris Media Cetak – Saat ini media cetak sudah semakin banyak di pergunakan orang untuk melakukan promosi suatu produk yang sedang di jalankannya. Orang menggunakan media cetak untuk membuat iklan. Jenis iklan yang sering dimuat dalam koran adalah iklan baris dan iklan kolom. Kedua jenis iklan tersebut merupakan iklan yang dikelompokkan berdasarkan ruangnya. Pengertian iklan baris secara umum adalah iklan singkat yang terdiri dari 3 hingga 5 baris yang dimuat di dalam koran atau surat kabar lainnya. Ciri-ciri iklan baris biasanya tidak bergambar, singkat dan berwarna hitam putih, isinya bisa berupa penawaran, penjualan, pencarian dan iklan lowongan kerja.

Ciri-Ciri Iklan Baris Media Cetak

Berbeda dengan iklan baris, secara umum pengertian iklan kolom adalah jenis iklan berdasarkan kolom yang sering dimuat di dalam koran dan media cetak lainnya. Ciri-ciri iklan kolom yang baik harus dilengkapi dengan gambar, sehingga pembaca lebih tertarik untuk membacanya. Iklan ini berisi penawaran barang, jasa, ucapan terima kasih dan informasi pernikahan.

Ciri-Ciri Iklan Baris di Media Cetak

Berikut ini adalah ciri-ciri iklan baris di media cetak

  • Iklan baris terdiri dari dua sampai tiga baris. Informasi yang terkandung di dalamnya hanya informasi penting saja. Ditulis secara singkat, padat, dan jelas.
  • Dikelompokkan sesuai dengan jenis barang dan jasa yang ditawarkan.
  • Kalimat-kalimatnya pendek dan menggunakan singkatan untuk menghemat tempat.
  • Sebagian iklan baris dilengkapi dengan gambar ukuran kecil dan tidak berwarna atau hitam putih.
  • Dilengkapi dengan nomor telepon penjual atau pemasang iklan untuk dihubungi calon pembeli.
  • Tidak menggunakan ilustrasi atau desain grafis.
  • Biaya pemasangan tergolong murah karena tidak memerlukan tempat yang lebar.

Baca Juga : Ciri – Ciri Bahasa Pembuatan Iklan Media Cetak

Contoh Iklan Baris

Iklan baris biasanya terdapat pada koran dan hanya terdiri antara 2 sampai 4 baris saja. Dengan jumlah karakter yang terbatas, biasanya iklan dibuat singkat, padat, dan jelas.

Iklan baris biasanya digunakan untuk menjual produk, penawaran jasa, dan lowongan pekerjaan. Harga pemasangan iklan baris ditentukan dari jumlah karakter atau baris yang digunakan.

Iklan tersebut sangat sederhana, hanya menggunakan bahasa yang singkat tanpa adanya gambar. Penempatannya biasanya satu halaman dengan sub-sub kategori yang telah ditentukan. Sehingga memudahkan si pembaca dalam mencari produk /jasa yang sedang dicari.